Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan adalah suatu ilmu atau teknik menanamkan/menambahkan kecerdasan/keilmuan dalam suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Dengan harapan bahwa sistem kecerdasan buatan dapat menyelesaikan permasalahan yang selayaknya hasil penyelesaian seoarang pakar.


Remote Controlled Light Berbasis Adruino Menggunakan Metode Fuzzy Logic

Tujuan dari berkembangnya teknologi adalah untuk membantu manusia. Dengan teknologi pekerjaan yang sulit akan terasa lebih mudah dalam implementasinya. Saat ini berbagai teknologi telah dikembangkan, salah satunya adalah konsep objek untuk mengirim data tanpa melalui interaksi antara manusia, hal ini sangat berguna untuk membantu kaum disabilitas dalam melakukan aktifitas seperti menyalakan lampu dan aktifitas lainnya yang sulit dilakukan bagi kaum disabilitas.

Penelitian yang dilakukan ini adalah menciptakan sebuah aplikasi pengendalian jarak jauh untuk pengontrolan lampu dengan menggunakan remote control. Remote dikendalikan dengan aplikasi arduino dan inframerah. Alat ini yang dibangun menggunakan metode kecerdasan buatan yaitu logika fuzzy dengan mengunakan dua parameter yaitu suhu dan keadaan tingkat cahaya sekitar  untuk  mengatur intensitas lampu.

Hasil penelitian ini akan memberikan solusi tepat guna bagi berbagai pihak yang akan menimplementasikan sistem kendali jarak jauh.

Kata kunci: Remote, Light, Arduino, fuzzy logic

 Kembali  Download