Arsitektur Enterprise

Arsitektur enterprise adalah keseluruhan prinsip, metode dan model pada perancangan dan realisasi struktur organisasi, proses-proses bisnis, dan sistem-sistem informasi, dan infrastruktur enterprise.


Jurnal

Perencanaan Cetak Biru Sistem Informasi Terintegrasi Berbasis E2AF Dan Metodologi EAP (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Suatu organisasi membutuhkan sebuah arsitektur enterprise dalam menjalankan proses bisnis di dalamnya. Salah satunya adalah UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) sebagai institusi pendidikan yang memiliki proses bisnis dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodologi EAP (Enterprise Architecture Planning) dalam menjalankan langkah-langkah perencanaan arsitektur enterprise pada UMS. Hasil dari perencanaan tersebut selanjutnya dipetakan ke dalam  kerangka kerja E2AF (Extended Enterprise Architecture Framework). Hasil dari pemetaan EAP ke dalam E2AF menunjukkan pengisian 3 (tiga) level penuh dan 1 (satu) level hanya untuk aspek information system dalam E2AF yang diisi oleh EAP. Secara keseluruhan proses perencanaan ini menghasilkan sebuah cetak biru pengembangan sistem informasi terintegrasi sesuai dengan proses bisnis Tri Dharma Perguruan Tinggi di UMS.

Kata Kunci: Sistem Informasi Terintegrasi, E2AF, EAP


 Download   View