Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan adalah suatu ilmu atau teknik menanamkan/menambahkan kecerdasan/keilmuan dalam suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah. Dengan harapan bahwa sistem kecerdasan buatan dapat menyelesaikan permasalahan yang selayaknya hasil penyelesaian seoarang pakar.


Jurnal

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kanker Serviks Menggunakan Metode Forward Chaining

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang banyak menyerang wanita dan merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Indonesia tercatat menempati urutan kedua di dunia dalam jumlah penderita kanker serviks. Berdasarkan penelitian, lebih dari 92.000 wanita Indonesia meninggal akibat kanker, 10,3% diantaranya adalah kanker serviks. Salah satu pendorong tingginya angka kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai kanker serviks dan kurangnya proses pemantauan sejak dini. Sistem pakar menggunakan pengetahuan, fakta dan teknik berfikir dalam memberikan keputusan selayaknya seorang pakar dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sistem pakar mampu mengakuisisi kepakaran seoarang pakar ke dalam suatu aplikasi sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas terhadap penggunanya. Metode Forward Chaining digunakan untuk menyusun mekanisme inferensi berbasis aturan. Aplikasi ini dibangun dengan tujuan untuk mambantu masyarakat Indonesia dalam memberikan gambaran diagnosa awal penyakit kanker serviks.

Kata kunci: Sistem Pakar, Expert System, Forward Chaining, Kanker Serviks


 Download   View

Remote Controlled Light Berbasis Adruino Menggunakan Metode Fuzzy Logic

Tujuan dari berkembangnya teknologi adalah untuk membantu manusia. Dengan teknologi pekerjaan yang sulit akan terasa lebih mudah dalam implementasinya. Saat ini berbagai teknologi telah dikembangkan, salah satunya adalah konsep objek untuk mengirim data tanpa melalui interaksi antara manusia, hal ini sangat berguna untuk membantu kaum disabilitas dalam melakukan aktifitas seperti menyalakan lampu dan aktifitas lainnya yang sulit dilakukan bagi kaum disabilitas.

Penelitian yang dilakukan ini adalah menciptakan sebuah aplikasi pengendalian jarak jauh untuk pengontrolan lampu dengan menggunakan remote control. Remote dikendalikan dengan aplikasi arduino dan inframerah. Alat ini yang dibangun menggunakan metode kecerdasan buatan yaitu logika fuzzy dengan mengunakan dua parameter yaitu suhu dan keadaan tingkat cahaya sekitar  untuk  mengatur intensitas lampu.

Hasil penelitian ini akan memberikan solusi tepat guna bagi berbagai pihak yang akan menimplementasikan sistem kendali jarak jauh.

Kata kunci: Remote, Light, Arduino, fuzzy logic


 Download   View

Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Naive Bayes

Kucing merupakan salah satu hewan yang populer untuk dipelihara. Dalam pemeliharaannya, kucing tidak hanya cukup diberi makan dan minum, tetapi faktor kebersihan dan kesehatannya juga menjadi faktor yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Kucing rentan terkena penyakit, bahkan beberapa penyakit pada kucing dapat menimbulkan efek negatif pada manusia, contohnya dapat menyebabkan kecacatan pada janin (bila infeksi ini terjadi pada ibu yang sedang mengandung). Keterbatasan tenaga medis dan pengetahuan di masyarakat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tingginya tingkat kematian pada kucing. Oleh karena itu, masyarakat umum tidak hanya pemilik kucing perlu mengetahui penyakit-penyakit yang dapat menyerang kucing. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang mampu memberikan prediksi penyakit yang dialami kucing berdasarkan gejala-gejala yang dimilikinya. Metode Naïve Bayes  dapat digunakan untuk menghasilkan suatu prediksi dalam mesin pembelajaran berdasarkan data traning, dengan menggunakan probabilitas bersyarat sebagai dasarnya. Keunggulan lainya adalah metode ini dapat memberikan tingkat akurasi yang tinggi hanya dengan menggunakan jumlah data traning yang kecil. Hasil dari penelitian ini berupa sistem yang mampu memberikan prediksi penyakit pada kucing berdasarkan gejala-gejalanya dan berdasarkan hasil pengujian, sistem ini dapat memberikan akurasi hasil yang sesuai dengan data yang diperoleh dari pakar (dokter hewan).

Kata kunci: sistem pakar, diagnosa, penyakit kucing, Naïve Bayes.


 Download   View